Sekolah Negeri Bakal Menjadi Sekolah Publik

Pemerintah berencana mengubah fungsi sekolah negeri menjadi sekolah publik. Hal tersebut sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014. Rencana ini dipaparkan dalam Lokakarya Renstra Kemdiknas bersama Komisi X DPR RI di Bogor, akhir pekan lalu.

Pergeseran paradigma pendidikan dari wajib belajar menjadi hak belajar yang menjamin kepastian bagi semua warga negara untuk memperoleh pendidikan minimal sampai lulus SMP, membuat istilah sekolah negeri tidak relevan lagi. Dengan pergeseran paradigma tersebut, konsekuensinya pemerintah wajib menyediakan sarana prasarana, dan pendanaan demi terselenggaranya pendidikan bagi seluruh warga negara.

Begitu pula dengan dasar penyusunan anggaran pendidikan juga ikut berubah. Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, mengatakan, “Dasar penyusunan anggaran juga mengalami pergeseran. Dari yang awalnya berdasarkan sisi pasokan (supply oriented), akan berubah menjadi berdasarkan sisi kebutuhan (demand oriented)”, ujarnya saat memberikan paparan dalam acara tersebut.

Berdasarkan pergeseran paradigma beserta masalah-masalah yang akan dihadapi dalam kurun waktu 2010-2014 mendatang, maka visi rencana strategis Kementerian Pendidikan Nasional adalah terselenggaranya layanan prima pendidikan nasional, untuk insan-insan cerdas komprehensif.

Sumber : Depdiknas

One Response to Sekolah Negeri Bakal Menjadi Sekolah Publik

  1. sedjatee mengatakan:

    semoga sekolah negeri kembali menjadi idola masyarakat
    sekolah partikelir mahal Pak Jaini, hasilnya gak bagus-bagus amat
    sukses selalu ya Pak

    sedj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: