2011 Kemendiknas Terapkan Kurikulum Antikorupsi

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyiapkan program-program pendidikan antikorupsi yang akan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan nasional.
Diharapkan setiap siswa prasekolah hingga perguruan tinggi mulai melaksanakan kurikulum ini pada 2011. “Kami menyiapkan program, bagaimana pendidikan antikorupsi masuk juga sebagai bagian dari pendidikan karakter , yang Insyaallah nanti akan dimulai pada 2011,” kata Mendiknas Muhammad Nuh seusai menggelar pertemuan dengan pimpinan KPK di kantor KPK, Jakarta, Senin (6/9/2010).
Untuk merealisasikan rencana ini, Kemendiknas dan KPK sepakat membentuk tim kecil untuk membuat kurikulum, pengembangan metodologi, evaluasi, dan model-model yang akan diterapkan nantinya.
Dengan kurikulum antikorupsi ini diharapkan siswa dan mahasiswa akan tertanam pola pikir bahwa korupsi tidak zamannya lagi pada 10 sampai 15 tahun mendatang.
Yang tidak kalah penting, lanjut Nuh, Kemendiknas dan KPK ingin agar pengembangan kurikulum antikorupsi ini juga melibatkan masyarakat secara aktif agar pola pikir antikorupsi menjadi suatu budaya di tengah masyarakat. “Jadi pendidikan antikorupsi tidak harus dalam bentuk mata pelajaran, atau dituangkan apa itu korupsi saja. Tetapi, yang paling penting adalah kultur sekolah (schoolculture), di sekolah itu sudah terbangun budaya antikorupsi,” tegas Nuh.

Sumber : Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: